PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap

Jumlah PNBP Naik 35%, Indikator Meningkatnya Kesadaran Masyarakat Lapor Karantina




Cilacap - Kabar menggembirakan datang di awal tahun 2022 ini. Bagaimana tidak, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diraih Karantina Pertanian Cilacap tahun 2021 mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.
Berdasarkan data yang diperoleh dari sistem perkarantinaan, Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST), dan Sistem PNBP Online (Simponi), tercatat bahwa nilai PNBP Karantina Pertanian Cilacap mengalami kenaikan sebesar 35%. Dimana pada tahun 2020 nilai PNBP sebesar Rp 1,29 miliar sedangkan tahun 2021 mencapai Rp 1,74 miliar.

"Kenaikan nilai PNBP ini merupakan salah satu indikator meningkatnya kesadaran masyarakat untuk lapor karantina. Selain itu, juga indikator peningkatan volume komoditas pertanian yang dilalulintaskan," ucap Dwi Astuti Yunuasih selaku Kepala Karantina Pertanian Cilacap, Kamis (6/1).

Menurutnya dengan meningkatnya nilai PNBP ini, harus berbanding lurus dengan meningkatnya mutu dan kualitas pelayanan serta integritas para pejabat Karantina Pertanian Cilacap.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianCilacap