PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap

Kerap Dianggap Sampah, Ternyata Nilainya Jutaan Rupiah




Cilacap - Daun ketapang kering selama ini sering dianggap sampah oleh sebagian orang. Siapa sangka jika keberadaannya dapat menghasilkan keuntungan, tak hanya ratusan tapi jutaan rupiah.
Nilai jual yang tinggi ini didasari oleh kandungan tanin pada daun ketapang kering yang bermanfaat menstabilkan pH air, memiliki sifat antijamur dan antibakteri, serta mampu mencerahkan warna ikan. Daun ketapang banyak dimanfaatkan warga asing untuk budidaya ikan hias dan udang.

Karantina Pertanian Cilacap mensertifikasi 6 kg daun ketapang kering tujuan Korea Selatan (6/1). Tak main-main, nilainya mencapai 6 juta rupiah.

"Daun ketapang kering kami telah periksa dab dipastikan bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), layak untuk dilalulintaskan," ungkap Amir Pejabat Karantina Pertanian Cilacap usai melakukan pemeriksaan.

Sarman sebagai eksportir asal Cilacap mengungkapkan bahwa tak hanya Korea Selatan yang menjadi negara tujuan, tetapi juga Jepang dan Amerika.

SobatQ, percayalah rezeki terkadang datang karena kita melihat sesuatu dari sisi yang berbeda. Jangan lupa lapor karantina ya jika melalu lintaskan hewan, tumbuhan, dan produk olahannya!

#Karantinapertaniancilacap #GratieksĀ